Pengembangan dalam bidang pertanian untuk Indonesia Raya

Sunday, 25 October 2015

Biochar dari Limbah Tanah Untuk Meningkatkan Sifat Fisik Tanah

Para peneliti di Universidad Politécnica de Madrid telah memperoleh biochar hasil dari limbah kotoran, bahan baru yang dapat meningkatkan sifat-sifat tanah dan meningkatkan hasil panen.

Hasil dari kelompok penelitian Penilaian sumber daya dari Universidad Politécnica de Madrid menyarankan solusi optimal untuk mengelola kotoran dari ayam, sapi dan babi. Biochar, bahan yang diperoleh setelah perlakuan termal dari limbah ini melalui pirolisis, merupakan pupuk organik yang diterapkan di tanah dan tidak hanya memiliki efek positif pada hasil panen, tetapi juga merupakan penurunan yang signifikan dari emisi CO2 dibandingkan dengan aplikasi langsung dari limbah kotoran pada tanah.

Produksi sampah, baik dari sumber perkotaan, industri atau pertanian, merupakan masalah lingkungan yang utama dalam masyarakat kita. Bahkan, daur ulang/menggunakan kembali bahan baku dari limbah yang kita hasilkan adalah beberapa tantangan lingkungan yang kita hadapi saat ini. Uni Eropa memang investasi usaha dalam strategi untuk mempromosikan penggunaan sumber daya yang efisien.

Limbah ini mengandung pupuk, dan produksi telah meningkat selama beberapa tahun terakhir karena pertanian intensif dan telah digunakan secara tradisional di tanah sebagai amandemen organik. Namun, yang produksi volume tinggi dan generasi masalah lingkungan (eutrofikasi dan pencemaran air tanah karena konsentrasi tinggi nutrisi, produksi emisi metana dan bau) membuat diperlukan untuk mencari rute pengelolaan sampah lainnya. Hal ini menyoroti perlakuan panas melalui pirolisis untuk produksi skala besar dari biochar atau BioKarbon yang dapat didefinisikan sebagai bahan karbon yang diperoleh melalui perlakuan panas biomassa pada suhu rendah dan di bawah atmosfer inert.

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Geologi dan Pertambangan Teknik dan Produksi Pertanian UPM menunjukkan bahwa biochar dihasilkan dari kotoran sapi, babi dan ayam merupakan pupuk organik dengan kandungan tinggi nutrisi, bahan organik stabil dan nilai-nilai kapasitas tukar kation (KTK) yang tinggi. Hasil ini memberikan bukti dari efek positif dari menggunakan biochar sebagai pupuk pada tanah untuk hasil panen yang lebih baik.

Selain itu, hasil menunjukkan bahwa pirolisis limbah kotoran memiliki manfaat lingkungan tambahan lain seperti mengurangi pencucian hara tanah dan volume limbah kurang, penghapusan bau dan patogen dari bahan asli. Pirolisis limbah kotoran secara drastis dapat mengurangi emisi CO 2 dibandingkan dengan aplikasi langsung dari limbah kotoran ke tanah.

Demikian untuk artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kita. Jangan lupa di share ya :)
sumber: www.scincedaily.com/releases/2015/05/150506084547.htm
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My photo

hidup bagaikan roda yang berjalan melewati berbagai lika liku, kadang sedih, kadang senang, kadang susah, kadang gampang, kadang kaya, kadang miskin, kadang lapar, kadang kenyang, begitulah seterusnya. namun intinya, kita harus tahu apa yang harus kita lakukan terhadap problema kehidupan ini. satu yang harus di ingatkan "bersyukurlah atas apa yang telah di berikan oleh Yang Maha Kuasa" :)

Pengertian Pemuliaan Tanaman

Anda Adalah Pengunjung Ke:

Search This Blog

Cari Judul yang Asyik

Follow by Email

Labels