Pengembangan dalam bidang pertanian untuk Indonesia Raya

Cari Disini

Friday 16 October 2015

Pertanian Organik dalam Sistem Pertanian Berkelanjutan


Pertanian organik merupakan salah satu bagian pendekatan pertanian berkelanjutan, yang di dalamnya meliputi berbagai teknik sistem pertanian seperti tumpangsari, penggunaan mulsa, penanganan tanaman dan pasca panen. Pertanian organik adalah sistem produksi pertanian yang menghindari atau sangat membatasi penggunaan pupuk kimia (pabrik), pestisida, herbisida, zat pengatur tumbuh dan aditif pakan. Pertanian organik meningkatkan kesehatan dan produktivitas di antara flora, fauna dan manusia.
Pertanian organik juga merupakan salah satu teknologi alternatif yang memberikan berbagai hal positif yang dapat diterapkan pada usaha tani produk-produk bernilai komersial tinggi dan tidak mengurangi produksi. Untuk menerapkan pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan, perlu dilakukan upaya diantaranya yakni sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pertanian yang ramah lingkungan. Penggalakkan konsumsi produk hasil pertanian organik dan usaha tani yang berorientasi pasar global perlu menekankan aspek kualitas, keamanan, kuantitas dan harga bersaing.
Pada awalnya, praktek pertanian yang menggunakan bibit unggul yang dihasilkan oleh perusahaan benih dan bahan-bahan kimia buatan pabrik (agrokimia) dirasakan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. Namun, setelah beberapa dekade, praktek tersebut menimbulkan permasalahan khususnya terhadap kerusakan ekosistem lahan pertanian dan kesehatan petani itu sendiri.
Keberhasilan pembangunan pertanian selama ini telah memberikan dukungan yang sangat tinggi terhadap pemenuhan kebutuhan pangan rakyat Indonesia, namun demikian disadari bahwa dibalik keberhasilan tersebut terdapat kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki. Produksi yang tinggi yang telah dicapai banyak didukung oleh teknologi yang memerlukan input (masukan) bahan-bahan anorganik yang tinggi terutama bahan kimia pertanian seperti pupuk urea, TSP/SP-36, KCl, pestisida, herbisida dan produk-produk kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan dengan dosis yang tinggi secara terus- menerus yang terbukti menimbulkan banyak pencemaran yang dapat menyumbang degradasi fungsi lingkungan dan perusakan sumberdaya alam.
Sebagai penutup, pertanian organik merupakan bagian pendekatan yang penting dalam sistem pertanian berkelanjutan yang mengarah pada penggunaan produk hayati yang ramah terhadap lingkungan. Dengan pertanian organik membuat kita semakin mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Back to Nature and Go Organic !

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Anda Adalah Pengunjung Ke:

Cari Judul yang Asyik

?max-results="+numposts4+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts23\"><\/script>");

Contact Form

Name

Email *

Message *

Stay Connected

Popular Posts

Labels