Definisi Penyerbukan Sendiri


Penyerbukan sendiri adalah proses penyerbukan (berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik) yang secara khusus terjadi pada bunga yang sama atau antar bunga yang berbeda tetapi dalam satu tanaman atau di antara bunga pada klon tanaman yang sama. Penyerbukan di antara tanaman-tanaman yang berasal dari perkembangbiakan suatu tanaman yang sama secara aseksual ataupun di antara tanaman dalam kelompok galur murni dengan komposisi genetik yang sama akan menghasilkan hasil yang sama dengan penyerbukan pada bunga dalam satu tanaman. Tanaman yang melakukan penyerbukan sendiri disebut tanaman menyerbuk sendiri, umumnya penyerbukan terjadi ketika bunga belum mekar atau dalam kondisi tertutup yang disebut juga penyerbukan tertutup (kleistogami). 

Berikut daftar tanaman yang menyerbuk sendiri:
Gandum, padi, kedelai, tomat, kacang panjang, buncis, kacang tanah, kentang, wijen, tembakau, kapas, lada, jeruk.

1. Tembakau
Letak pollen (serbuk sari) tanaman tembakau dari kotak sari ke kepala putik dari bunga yang sama atau bunga yang berbeda tetapi pada tanaman yang sama akan saling berdekatan. Bunga tembakau tidak membuka sebelum terjadi penyerbukan. Butir tepungsari akan luruh sebelum membuka. Benangsari dan putik ditutup oleh bagian bunga sesudah bunga tembakau membuka. Letak  putik yang lebih tinggi dari kepala sari juga merupakan terjadimya penyerbukan sendiri.
2. Kapas
Bunga kapas memiliki posisi anther yang lebih tinggi dari stigma, dan masa kemasakandan kesiapan kedua alat reproduksi yaitu putik dan benangsari yang bersamaan/hampir bersamaan. Susunan bunga yang berbeda menghalangi masuknya tepung sari tanaman lain kedalam sel telur dari bunga kapas. Benang sari dan putik ditutup oleh bagian bunga sesudah bunga membuka, bisa terjadi pada bungahermaprodit dimana pada satu bunga terdapat putik dan benang sari.Putik memanjang segera setelahtepungsari masak. Jarak antara tepungsari dan putik tidak saling berjauhan. Benangsari menggelilingi putik sedangkan tepungsari luruh sebelum bunga membuka. Sehingga penyerbukan terjadi sebelum bunga kapas akan mekar.
3. Lada
Bunga lada merupakan bunga hermafrodit karena organ kelamin jantan dan organ kelamin betina pada lada terletak pada satu bunga yang sama. Jika dilihat dari bentuk bunga, organ kelamin jantan dan organ kelamin betina yang letaknya berdekatan maka bunga tersebut melakukan penyerbukan secara autogami (penyerbukan sendiri).
4. Kacang tanah
Bunga kacang tanah memiliki serbuk sari dan putik yang saling berdekatan tempatnya sehingga serbuk sari dari suatu bunga jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang memiliki bunga lengkap , misalnya saja pada kacang tanah itu sendiri.
5. Jeruk 
Bunga berukuran besar; mahkota bunga berwarna mencolok dengan aroma khas; memiliki kelenjar madu; serbuk sari bersifat lengket (mudah melekat).

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Pemupukan Pada Tanaman Padi dengan Metode SRI

Proses Pengolahan Kelapa Sawit

Sejarah dan Pengertian Pertanian Organik